Aktifitas,

Pelatihan Mom, Kids & Baby Treatment

Rabu, Oktober 26, 2016

Haloooo sahabat Rumah Puspa, apa kabar semua? Sudah tahu kan? akhir pekan kemarin, tepatnya tanggal 22 dan 23 Oktober 2016 kita telah melaksanakan pelatihan Mom, Kids & Baby Treatment yang diselenggarakan oleh IHCA (Indonesia Holistic Care Association) bertempat di Meeting room, Apartemen Centro Kedoya, Jakarta Barat dengan pembicara sekaligus Founder dari IHCA yaitu Ibu Melyana, NSST,M.Kep, CPMA. Jangan penasaran lagi yah, kali ini kami akan bercerita tentang pelatihan yang dipadatkan menjadi dua hari ini.

Pelatihan Mom, Kids & Baby Treatment rumah puspa bekasi

Hari pertama (22 Oktober 2016)

Pelatihan hari pertama dimulai pukul 09.00 WIB teng!, gak ada yang namanya molor atau jam karet, setiap menitnya sangat berharga demi mengejar padatnya materi pelatihan. Dibuka dengan yel-yel penyemangat IHCA yaitu “loving, naturing and touching”, tiap peserta diwajibnkan mengisi lembar pretest yang akan digunakan penyelenggara untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan. Sesi ini juga diisi dengan ice breaking dan perkenalan seluruh peserta pelatihan agar dapat bekerjasama sehingga dapat saling membantu suksesnya pelatihan.

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi dasar "Konsep Holistic Care" dalam sesi ini diperkenalkan kembali pondasi dan konsep asuhan secara menyeluruh (holistic care) , sehat dan seimbang antara pikirian, jiwa dan badan (mind, body and soul), konsep yang memadukan jiwa dan raga dengan metode alamiah, ilmiah dan ilahiah.

Setelah memahami konsep fundamental "Holistic Care", materi berikutnya adalah "Massage Concept" yaitu konsep memijat. Pijatan yang dilakukan bukanlah hanya sekedar memijat, namun juga dilakukan dengan memahami tujuan dan tekhniknya, yang paling utama adalah hadirnya cinta dan kasih sayang serta rasa keikhlasan yang diiringi do’a sehingga terjalinnya komunikasi yang baik antara terapis, Ibu dan bayi untuk menciptakan rasa nyaman dan tenang.

Naaah seru kan? Eiiitss masih banyak lagi loh materi yang lainnya.. Salah satunya ini nih, “Pregnancy Massage” atau pijatan pada Ibu hamil. Pada materi ini peserta akan banyak sekali mendapat pelajaran tentang teknik dan gerakan-gerakan memijat pada ibu hamil sehingga bisa tahu mana area yang boleh dipijat dan area yang tidak boleh dipijat, ini sangat penting nih untuk diketahui dan dipelajari untuk para praktisi, sebab jika memijat area yang tidak boleh dipijat pada Ibu hamil, efeknya bisa sangat serius, bisa menyebabkan keguguran pada kehamilan muda dan perdarahan karena lepasnya plasenta pada kehamilan tua.

Pelatihan Mom, Kids & Baby Treatment rumah puspa homecare bekasi

Dengan risiko demikian, tidak semua orang mampu melakukan Pregnancy Massage tanpa pengetahuan dan tekhnik yang memadai. Materi ini dapat dikatakan mengisi 2/3 waktu pelatihan hari pertama, karena setelah pemaparan teori dan ISHOMA, pelatihan dilanjutkan dengan praktik langsung pijatan ibu hamil yang dilakukan oleh para peserta pelatihandengan saling bergantian memijat dengan dipandu instruktur IHCA dan Team Rumah Puspa. Praktik pijat yang seru hingga berakhirnya pelatihan hari pertama ini juga menambah keakraban semua hadirin, baik instruktur, peserta maupun fasilitator. Tanya jawab interaktif dan tips-tips praktis serta solusi dari berbagai macam masalah yang kadang muncul dibahas dengan bersahabat. 

Terapis di Rumah Puspa, Alhamdulillah telah mendapatkan pelatihan-pelatihan yang diperlukan, termasuk untuk pregnancy massage atau pijat kehamilan ini.

Pelatihan Mom, Kids & Baby Treatment rumah puspa bekasi

Hari kedua (23 Oktober 2016)


Hari kedua pelatihan mom and baby spa tidak kalah menariknya dengan kegiatan di hari pertama. Pada pagi hari sebagai awal kegiatan, seluruh peserta melakukan relaksasi dan mendapat materi "Emotional Healing" dengan tujuan agar para peserta dapat melepaskan beban emosional yang sekiranya membebaninya. Materi ini juga penting untuk menjaga emosi therapis agar selalu dalam energi positif saat melakukan tugasnya.

Materi dilanjutkan oleh Bu Melyana menjelaskan materi konsep Baby Massage and Spa. Yup! Baby! Kan kemarin kita udah ngomongin tentang perawatan ibunya. Nah, sekarang kita ngomongin tentang baby-nya deh..
Pelatihan Mom, Kids & Baby Treatment rumah puspa homecare bekasi

Materi awal yang diberikan yaitu tentang baby massage dan baby gym yang langsung dipraktikkan oleh Bu Melyana kepada boneka peraga yang bernama  Baby BISIE alias Bibir Seksie, hehehe.. Seluruh peserta antusias mengikuti gerakan massage yang dipraktikkan.

Materi selanjutnya yang diberikan yaitu Baby Swim atau cara bayi berenang. Nah jadi tahu kan, bahwa renang pada bayi ada tahapannya loh, jadi gak langsung dicemplungin ke air untuk menghindari terjadinya trauma dll.  Selain itu juga ada aturannya, diantaranya adalah ukuran luas kolam, suhu air, hingga trik-trik mengajak bayi berenang. Jika sudah mengetahui trik-triknya, bayi akan berenang dengan senang, duh senangnyaaa… :)

Setelah istirahat, kita melanjutkan materi selanjutnya yaitu Pediatric Massage Therapy. Apa itu? Nah kalau sebelumnya para peserta pelatihan telah belajar tentang pijat memijat bayi dalam kondisi sehat, sekarang peserta belajar teknik memijat untuk bayi dengan indikasi keluhan seperti kolic, konstipasi/susah BAB, bayi prematur dan batuk pilek. Kebayang kan gimana asyik dan serunya kegiatan ini? :D

Ternyata ikutan pelatihan ini tidak hanya dapet mom and baby spa loh, tapi para peserta juga dapat ilmu banyak tentang penggunaan aromatherapy (aromatherapy untuk batuk pilek, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan konsentrasi,  dll), pokoknya beruntung banget bagi peserta yang memilih ikut pelatihan di IHCA ini. Sebagai penutup Bu Mely juga menjelaskan dan memberi tips-tips bagi peserta yang ingin membuka rumah spa.

Oiya, tidak hanya ilmu yang kita dapat di pelatihan ini loh, tapi juga keluarga baru yang luar biasa. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat dan kekeluargaan diantara para peserta dapat terjalin semakin erat dan sampai ketemu di lain kesempatan.

Pelatihan Mom, Kids & Baby Treatment rumah puspa homecare bekasi

Keep loving, naturing, and touching everyone!

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. Baby massage penting bangeeet ya mbaaa.. Dulu aku belajarnya dari buku

    BalasHapus