Baby,

Kebutuhan ASI dan Ukuran Lambung Pada Bayi Baru Lahir

Senin, November 14, 2016

Holla dearest Mom Rumah puspa.

Seiring dengan banyaknya keluhan para Ibu tentang ASI (Air Susu Ibu) yang sedikit pasca melahirkan, yuk sama-sama kita bahas tentang kebutuhan ASI dan ukuran lambung pada bayi baru lahir.
Kebutuhan ASI dan Ukuran Lambung Pada Bayi Baru Lahir Rumah Puspa Bekasi

Nah moms, tidak sedikit Ibu pasca melahirkan mengalami stress akibat sedikitnya ASI yang keluar dari payudara dan buah hatinya yang selalu menangis, sehingga muncul lah anggapan bahwa ASI tidak cukup dan bayi rewel akibat kelaparan, akibatnya susu formula pun diberikan.

Bener atau salah sih Moms melakukan itu?. Yaaap, gambar diatas sudah sangat jelas memaparkan permisalan ukuran lambung dan jumlah kebutuhan ASI yang diperlukan pada bayi baru lahir.

Jadi, merupakan hal yang normal apabila 1-3 hari pasca melahirkan jumlah ASI yang dikeluarkan dari payudara masih sedikit, sebab kebutuhan bayi terhadap ASI pun tidak banyak. Rewelnya bayi bukan hanya disebabkan karena bayi lapar dan haus, namun bisa juga disebabkan karena bayi bosan, ingin bermain, ingin di gendong, diajak berkomunikasi, dan sebagainya. Upaya yang dapat dilakukan oleh Ibu untuk memperbanyak produksi ASI adalah terus memberikan ASI pada bayi, sebab semakin sering bayi menyusu maka produksi ASI akan semakin meningkat, dan sebaliknya semakin jarang bayi menyusu maka produksi ASI semakin menurun. Jika ada kendala dalam produksi ASI, moms juga dapat melakukan terapi pijat laktasi agar dapat memperlancar produksi ASI.

Pertanyaan kedua, “Benarkah pemberian susu formula dapat membantu Ibu menenangkan bayi?

Yuk kita simak gambar berikutnya moms…

Kebutuhan ASI dan Ukuran Lambung Pada Bayi Baru Lahir Rumah Puspa Bekasi

Anggapan yang sering muncul pada Ibu adalah “produksi ASI tidak mencukupi kebutuhan bayi” sehingga seringkali terjadi pemberian susu formula. Lalu apa akibatnya? Pemberian susu formula membuat lambung bayi penuh sehingga akan tidur lebih lama yang menyebabkan bayi menjadi jarang menyusu (frekuensi berkurang), sehingga produksi ASI pun berkurang dan alirannya melambat.

Hal ini mengakibatkan bayi menjadi rewel karena kehilangan kesabaran saat kembali menyusu pada payudara Ibu dan seterusnya akan berdampak pada penolakan bayi untuk menyusu ASI dan meminta botol formula berikutnya. Nah moms, satu botol susu formula saja yang kita anggap sepele ternyata dapat berpengaruh besar dalam pemberian ASI pada bayi. 

Semangat ngASInya ya moms, tidak ada susu formula yang lebih baik dari ASI karena ASI adalah kualitas terbaik untuk bayi, sebab selain gratis dan mudah didapatkan, jumlah kandungan zatnya juga sangat sesuai dengan kemampuan organ pencernaan bayi, serta memiliki zat antibodi sebagai sistem kekebalan tubuh.

Nah, Moms bisa melihat fakta bahwa ASI yang diproduksi oleh seorang ibu yang menyusui bayi dengan baik akan bisa memenuhi kebutuhan bayi dan sesuai dengan ukuran kapasitas lambungnya. Pantau selalu tanda kecukupan ASI, tumbuh kembang dan kesehatan buah hati kita yah Moms.

Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

0 komentar: