Pasca Lahir

Rahasia Menjadi Gadis Kembali

Selasa, Desember 20, 2016

"Berat badanmu akan naik selama 9 bulan saat kehamilan dan badanmu membutuhkan 9 bulan lagi untuk turun"

Para bunda tentu pernah mendengar kalimat di atas bukan? Hampir semua wanita pasti ingin tubuhnya kembali seperti semula, istilahnya kembali seperti gadis ya bun?
Yup!  hal tersebut menjadi salah satu perbincangan khas dikalangan wanita yang telah memiliki sang buah hati. Namun apa benar harus menunggu selama 9 bulan lamanya ?

Tentunya dengan memperhatikan kesehatan dan kecantikan, ternyata waktu yang lamanya 9 bulan bisa dipersingkat, namun hal itu tergantung dari usaha kita.

Rahasia menjadi Gadis Kembali

Nah, berikut beberapa rahasianya :

1. Menggunakan Korset, Stagen atau Gurita
Menggunakan korset memang lebih praktis dibandingkan stagen dan gurita, namun kedua kain tersebut memiliki kelebihan yang cukup efektif. Biasanya kain ini dipakai setelah melahirkan.
Sejak zaman nenek moyang, kain ini berguna untuk mengencangkan dan membantu mengembalikan perut ke bentuk seperti semula. 

2. Mengkonsumsi Jamu Tradisional
Meminum jamu tradisional juga dapat mengembalikan stamina, membersihkan darah kotor dalam rahim, membantu pemulihan luka, mengencangkan otot-otot yang kendur atau mengurangi selulit dan membantu proses nifas agar berlangsung dengan tepat waktu. Tentunya dalam meminum jamu tradisional ada aturannya ya.
Bagi bunda yang melahirkan secara normal, boleh langsung mengkonsumsi jamu tradisional sedangkan bunda yang melahirkan secara operasi sebaiknya tidak diminum secara bersamaan dengan obat yang diberikan dari dokter (berikan jarak 2-3 jam), sebab akan mempengaruhi penyerapan, penyebaran dalam tubuh dan keefektifan obatnya akan berkurang. 

3. Mengatur pola makan
Tubuh setelah melahirkan menjadi lebar, bukan berarti bunda menjadi diet keras dengan cara mengurangi makanan secara drastis ya.
Bunda tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan teratur, agar ASI tetap lancar dan terhindar dari terserang penyakit.

4. Mengkonsumsi air putih
Mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari selain menghilangkan rasa haus, hal ini berguna menjaga kesegaran kulit sehingga tidak mudah kering dan kusam, mencegah dalam peningkatan berat badan, serta air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

5. Perawatan pasca melahirkan
Perawatan tubuh pasca melahirkan meliputi :
a. Pemulihan Vitalitas
b. Pijat Relaksasi Tradisional
c. Pijat Laktasi
d. Totok Wajah
e. Pemulihan Bentuk Tubuh
f. Pemulihan Kecantikan Kulit 

(Untuk Lengkapnya Silahkan Klik Perawatan Setelah Bersalin Rumah Puspa)

Hal ini bertujuan agar  tubuh kembali rileks, aliran darah menjadi lancar, tubuh dan pikiran segar, dapat mengembalikan kekencangan  kulit, menurunkan berat badan, kesehatan lebih terjaga dan meremajakan tubuh.
Bunda dapat mendatangi atau memanggil terapis untuk melakukan perawatan pasca lahir. Pastikan memilih jasa terapis yang ahli dan berpengalaman ya.

6. Olahraga
Olahraga adalah kegiatan yang membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. selain itu dengan berkeringat juga dapat mengurangi bobot berat badan. Bunda bisa berolahrga ringan seperti berjalan-jalan santai 10 - 15 menit di sekitar rumah bersama bayi menggunakan stoller atau dorongan bayi. Olahraga seperti aerobic dan jogging direkomendasikan 4 minggu setelah melahirkan normal atau saat stamina tubuh sudah meningkat dan 6 minggu setelah melahirkan melalui operasi.

Agar kembali menjadi seperti gadis, ternyata rahasianya mudah bukan ? Silahkan dicoba dan semangat ya bunda-bunda.

Baca juga artikel  lainnya terkait perawatan pasca natal di sini. [dt]

Artikel Terkait

0 komentar: