Kehamilan

Rabu, Agustus 03, 2016

Kelas persiapan persalinan (Prenatal class)

Tujuan persiapan persalinan adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, merubah sikap dan perilaku ibu hamil, baik tentang kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir. Kelas juga memungkinkan Ibu untuk membicarakan segala permasalahan yang mungkin sang Ibu miliki dengan para ibu lain yang sedang mengandung, sharing pengalaman dan tips.

Kelas ini tidak hanya berfokus pada persalinan dan kelahiran, tetapi juga termasuk berbagi saran-saran praktis tentang bagaimana merawat bayi dan menyesuaikan diri dalam menjalani peran sebagai orangtua. Informasi mengenai perawatan klinis, yang mencakup informasi yang esensial untuk keamanan dan kesejahteraan ibu dan bayi dan lainnya. 

Persiapan Fisik untuk Kehamilan adalah salah satu bagian persiapan yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri yang merencanakan untuk memiliki anak. Dalam persiapan untuk kehamilan, selain persiapan fisik ada juga bentuk persiapan lain seperti persiapan emosional dan lainnya.

Kelas Prenatal juga sejalan dengan program Departemen Kesehatan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi atau dikenal dengan MPS (Making pregnancy safer)  melalui tiga pesan kunci MPS (Making pregnancy safer) yaitu :
  1. setiap persalinan harus di tolong oleh tenaga kesehatan 
  2. setiap komplikasi obstetri dan neonatal ditangani secara adekuat
  3. setiap wanita usia subur mempunyai akses pencegahan kehamilan yang tidak di inginkan dan penanggulangan komplikasi yang tidak di inginkan. 

Kelas prenatal atau biasa juga disebut kelas ibu adalah suatu kegiatan pendidikan untuk ibu hamil dan atau pasangannya yang bertujuan untuk menyiapkan calon orang tua agar siap menjalani kehamilan, persalinan dan perawatan bayi sehingga dapat berperan sebagai ayah dan ibu yang baik.

Kelas prenatal di latar belakangi oleh minimnya pengetahuan oleh para ibu hamil dan itu menjadi kendala utama. Karena itu, calon ibu sebaiknya banyak menambah pengetahuan sebagai persiapan menuju persalinan. Keterbatasan informasi mengenali tanda, risiko, serta perawatan sering membuat seorang wanita tidak bisa melewati masa kehamilan sesuai waktunya. Bagi wanita yang baru mengandung pertama kali, perasaan waswas, cemas, dan takut tidak jarang menghinggapi. Parahnya, mereka tidak mengetahui apa yang dilakukan untuk mengatasi keluhan yang dirasakan.

Pada akhirnya tujuan utama kelas kehamilan ini adalah untuk memberikan pemahaman khususnya kepada calon ibu mengenai kehamilan dan persalinan. Sebab, banyak ibu-ibu yang belum mengetahui mengenai tindakan apa saja yang boleh dan tidak dilakukan.